Contoh Makalah Olahraga Tentang Futsal

Contoh Makalah Olahraga Tentang Futsal, Contoh makalah olahraga, contoh makalah tentang olahraga futsal. silahkan di simak. semoga bermanfa'at.
 
BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
contoh makalah olahraga tentang futsal
Olahraga futsal sudah banyak orang tahu dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa senang memainkannya. Di Negara Indonesia futsal sudah sangat menjamur sudah banyak interpriner yang mengalihkan pada olahraga futsal. Dengan sudah banyaknya arena futsal harusnya layanan pada olahraga futsal sudah sangat bagus, etika layananpun harusnya sudah sangat di terapkan.
Etika layanan sangat penting hubungannya dengan kelanjutannya usaha yang ditawarkan, jika etika dari para karyawan sudah enak dilihat sangat ada kemungkinan pelanggan ingin kembali ketempat tersebut karena pelayanan yang sangat sangat memuaskan dan etika-etika yang disediakan dalam suatu permainan futsal atau sarana dan prasarananya yang baik.
Jika olahraga futsal dan etika layanan bisa disinkronkan akan timbul suatu kondisi tempat olahraga yang sangat menyenangkan.
  1. Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas rumusan masalah yang diambil:
    1. Apakah pengertian Etika?
    2. Bagaimana sejarah olahraga futsal?
    3. Bagaimana etika layanan pada olahraga futsal?
  1. Tujuan
Dari rumusan masalah tujuan :
1.      Untuk mengetahui pengertian etika.
2.      Untuk mengetahui sejarah olahraga futsal.
3.      Untuk mengetahui etika layanan yang ada pada olahraga futsal
BAB II
PEMBAHASAN
  1. Pengertian Etika
Etika menurut kamus bahasa Indonesia adalah ilmu pengetahuan tentang akhlak dan moral. Etika menurut Bertent(2001:6) menyebutkan ada 3 jenis makna etika :
    1. Etika bisa dipakai dalam arti nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya
    2. Etika berarti juga kumpulan asas atau nilai moral, yang dimaksud disini adalah kode etik.
    3. Etika mempunyai arti lagi ilmu tentang yang baik dan yang buruk. Etika disini sama artinya dengan filsafat moral.
Etika umum membicarakan tentang kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan secara etis, teori etika danprinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak. Etika khusus adalah penerapan prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Etika individu menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri. Etika social berbicara mengenai kewajiban sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.
  1. Sejarah Olahraga Futsal
Futsal adalah singkatan dari futbol (sepak bola) dan sala (ruangan) dari bahasa Spanyol atau futebol (Portugal/Brasil) dan salon (Prancis). Olahraga ini membentuk seorang pemain agar selalu siap menerima dan mengumpan bola dengan cepat dalam tekanan pemain lawan. Dengan ukuran lapangan yang relatif sempit, permainan ini menuntut teknik penguasaan bola yang tinggi, kekompakan tim, dan kerja sama antarpemain.
Asal awalnya futsal muncul pada era tahun 1930-an di Montevideo, Uruguay, dan diperkenalkan oleh seorang pelatih sepak bola bernama Juan Carlos Ceriani. Awalnya, yang hanya ingin memindahkan latihan ke dalam ruangan karena kecewa atas kondisi lapangan yang licin setelah di guyur hujan. Ternyata, latihan di dalam ruangan ini sangat efektif dan Dia lantas mencetuskan permainan sepak bola ruangan dengan lima lawan lima pemain.
Dengan asumsi untuk meningkatkan keterampilan dalam bermain sepak bola, futsal berkembang pesat di Brasil dan terus menyebar keseluruh dunia. Bahkan menembus ke daratan Benua Eropa, Amerika Serikat, Afrika, Asia, dan Oseania.

  1. Etika Layanan Pada Olahraga Futsal
Etika layanan pada oalahraga futsal diberikan untuk kenyamanan dari pelanggan selama dalam area olahraga futsal. Jika merujuk dari pengertian etika sebagai nilai dan norma, maka dalam olahraga futsal pelanggan harus mematuhi peraturan-peraturan yang ada atau diberikan oleh pihak pengelola lapangan futsal, baik sebelum permainannya selama permainan, ataupun sesudah permainan berlangsung.
Diantaranya peraturan sebelum bermain mencangkup peralatan para pemain. Seorang pemaian dilarang keras menggunakan perlengkaoan atau menggunakan segala yang membahayakan dirinya atau pemain lainnya,termasuk setiap jenis perhiasan.:
a)      Kaos bernomor
b)      Celana pendek
c)      Kaos kaki
d)     Sepatu khusus futsal sepatu yang diizinkan adalah sepatu kanvas, sepatu kulit, atau sepatu gymnastic dengan alas yang terbuat dari karet atau bahan sejenisnya.
e)      Pelindung lutut.
Dengan ketentuan peralatan yang tidak bias menimbulkan cedera :
Bola
a)      Ukuran: 4 cm
b)      Keliling: 62-64 cm
c)      Berat: 390-430 gram
d)     Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
e)      Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu, tak berbahaya).
Permukaan lapangan
Permukaan lapangan haruslah mulus dan rata serta tidak kasar atau kesat. Penggunaan bahan dari kayu atau bahan buatan lainnya adalah sangat dianjurkan. Beton ataupun bata harus dihindarkan. penggunaan (lempengan) tanah rumput, ataupun tanah rumput buatan atau tanah lembut diperbolehkan untuk pertandingan yang dimainkan kedalam kompetisi domestic, tetapi tidak diperbolehkan untuk pertandingan internasional.
Etika pada penyediaan alat-alat kamar mandi pihak pengelola memberikan pelayanan yang bagus termasuk penyediaan alat-alat tersebut, tapi dengan adanya penyediaan tersebut diharapkan ada timbale balik yang seimbang dari pelanggan seperti sesudah memakainya diharap mengembalikan pada tempatnya
DOWNLOAD SELENGKAPNYA :

0 komentar:

Poskan Komentar