Contoh Makalah

Contoh makalah tentang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendahuluan
1.                  Latar Belakang
   upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia seutuhnya, adalah misi pendidikan yang menjadi tanggung jawab professional bagi setiap guru. Guru tidak cukup hanya menyampaikan materi pengetahuan kepada siswa di kelas tetapi dituntut untuk meningkatkan kemampuan guna mendapatkan dan mengelola informasi yang sesuai dengan kebutuhan profesinya. Mengajar bukan lagi usaha untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan juga usaha menciptakan system lingkungan yang membelajarkan subjek didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Mengajar dalam pemahaman ini memerlukan suatu strategi belajar mengajar yang sesuai.Mutu pembelajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk itu perlu dibina dan dikembangkan kemampuan professional guru untuk mengelola program pembelajaran dengan strategi belajar yang kaya dengan variasi pendidikan sejatinya lahir atas kebutuhan manusia itu sendiri, yaitu ketika manusia dalam usaha mempertahankan hidupnya mulai melakukan proses belajar pada lingkungan sekitarnya. Pendidikan tidak mungkin lahir tanpa perkembangan manusia, dan manusia pun akan hancur tanpa pendidikan. Melalui pendidikan, manusia dapat mengenal alam dan sosial di sekitarnya, menemukan hubungan-hubungan diantaranya, mengambil manfaat bagi keberlangsungan hidup spesiesnya, dan menitipkan pengetahuan tersebut bagi generasi berikutnya. Dengan kata lain pendidikan adalah keseluruhan proses belajar manusia itu sendiri dalam mempertahankan hidupnya sebagai manusia. Atau sederhananya Pendidikan adalah prosesmemanusiakan manusia.
Dengan dimensi kehidupan yang semakin kompleks dan kemunculan generasi baru yang tak dapat terhindarkan, manusia modern kemudian melakukan sebuah usaha untuk mensistematisasi pendidikan, agar pendidikan dapat diarahkan bagi kemajuan peradaban. Lahirlah kemudian apa yang kita sebut sebagai pendidikan formal. Pendidikan formal sendiri adalah muara besar dari ilmu pengetahuan yang sudah tercapai dalam sejarah kehidupan manusia.
Lantas haruskah pendidikan formal?
Secara hakikat tidak ada yang mengharuskan ini. Namun jika kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan sebagai bekalnya hidup dijauhkan dari muara ilmu pengetahuan itu sendiri, maka akan dibutuhkan usaha yang berlipat-lipat untuk mencari dan mengumpulkan lagi tetes-tetes pengetahuan dari awal. Sederhananya, pendidikan formal adalah hasil dari peradaban itu sendiri. Sehingga menyingkirkan manusia dari pendidikan formal akan berarti menyingkirkan keterlibatan manusia dalam peradaban.
2.                  Rumusan Masalah
a.       Seperti apa pendidikan Indonesia dari jaman kejaman, mulai dari jaman belanda sampai jaman sekarang ini, mulai dari era colonial belanda, jepang, era kemerdekaan, era Suharto sebagai manusia robot dan era reformasi.
b.      Strategi mengajar beserta klasifikasinya.
 contoh makalah
3.                  Tujuan Penulisan
a.       Mendeskripsikan dan menguraikan tentang pendidikan Indonesia dari jaman belanda sampai saman sekarang.
b.      Mendeskripsikan tentang mutu pendidikan di Indonesia saat ini.
c.       Mendeskripsikan tentang strategi dan cara mengajar yang lebih baik.
d.      Mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan dari permasalahan-permasalahan
e.       pendidikan di Indonesia.
4.                  Manfaat Penulisan
a. Bagi Pemerintah
Bisa dijadikan sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
b. Bagi Guru
Bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para peserta didiknya dapat berprestasi lebih baik dimasa yang akan datang.
c. Bagi Pelajar
Bisa dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan prestasi diri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
 contoh makalah

DOWNLOAD VERSI LENGKAPNYA GRATIS :

0 komentar:

Poskan Komentar